Category Archives: Asa Triyono

Asa 2 Tahun

Standard

Ceria, ‘banyak ide’, banyak omong, dan alhamdulillah makin ganteng ๐Ÿ˜›

Udah sering buat mamah-ayahnya kaget dengan celetukannya. Pernah pas lagi belanja, dia lewat depan orang trus ngomong, “Misii .. “, atau dikasih sesuatu trus ngomong, “Maasih ..”. Padahal gak pernah diajarin serius itu kata-kata ‘permisi’ dan ‘makasih’.

Kalau mamah pulang kerja udah bisa bongkar-bongkar tas nyari ‘kuweh’ atau ‘oyeo’. Tapi dibawain aqua gelas aja senengnya minta ampun. Udah tau kalo mamahnya namanya, “Sita .. ” trus ayahnya, “tiii..”. Terus nama lengkapnya Denali ‘Payah’ Asya Tiono .. :P, itu Fayyadh jadi Payah.

Udah bisa ngerusuhin mamah-nya masak. Bulan Ramadhan, kalo malem2 mamahnya ngeruk2 melon dan semangka buat bikin es buah, pasti nimbrung. Makanin buahnya. Jadinya si Ayah gagal makan es buah mulu ๐Ÿ˜› *maaf ya ayah*.

Kadang suka ambil obeng trus sok sibuk ngutak atik motor atau sepeda, “Bantu ayah.” atau ambil ulekan sama bawang buat, “Bantu mamah.

Itu di atas mainย  di citraland. Maaf fotonya gak nyambung .. ๐Ÿ˜›

Bulan ini, alhamdulillah udah mulai bisa nambah kamar di rumah sawangan. Dapur juga tinggal bikin lemari atas aja. InsyaAllah abis lebaran kita sudah punya tempat tinggal yang nyaman ya nak. Terus mamah-ayah jadi bisa nabung lagi untuk memberikan sarana transportasi yang lebih nyaman untuk Asa. Semoga tahun depan target beli mobil bisa tercapai ๐Ÿ™‚

Rada kapok juga karena kejadian kemarin ..

Kondisinya, jalan lagi padat. Kami bertiga lagi jalan dari rumah sawangan, mau beli jatah ransum mingguan buat para tukang yg lagi ngerjain renovasi. Tiba-tiba motor dibelakang srempetan sama mobil, terjadilah tabrakan beruntun dengan kami di posisi ter-gak enak.

Pas motor mulai oleng, langsung dejavu kejadian jatuh yang dulu-dulu. Untung juga udah pernah ‘ndlosor‘ย  jadi bisa nebak ini kira-kira akhirnya gimana. Refleks angkat kaki asa dan peluk badannya, pasang badan sendiri jadi bemper. Jadinya pas motor nabrak tugu, cukup mamahnya yang kena. Asa gak lecet sedikitpun. Ayah kena knalpot tapi gak parah.

Alhamdulillah ..

Eh tapi nangisnya kenceng banget. Baru diem setelah dibeliin green tea sebotol, dan diabisin sama dia. Setelah itu, semua kosakatanya yg berhubungan sama kendaraan ilang. Sekarang gak lagi heboh nunjuk-nunjuk, “Tluk, bajaj, bis, taksi .. ” tapi, “Tablak .. tablak .. ”

Duh, trauma ya nak ๐Ÿ˜ฆ .. semoga gak lama ya ..

Mas-mas yang nabrak alhamdulillah baik. Dan alhamdulillah dia punya anak juga. Jadi perhatiin Asa keseleo atau gak. Walau gak yakin sepenuhnya kalau dia yang salah. Pakai dianter ke bengkel benerin lampu depan yang pecah ๐Ÿ™‚

Sekolah ?

Standard

Kadang, saya khawatir tidak bisa memberikan stimulasi yang terbaik untuk Asa. Waktu yang terbatas, belum menemukan ‘sekolah’ yang sreg, jumlah mainan edukatif dan buku-buku Asa yang tak seberapa, serta kemampuan ‘mengajar’ kami yang ala kadarnya dan semau-maunya.

Kacau ๐Ÿ™‚

Lalu, beberapa waktu yang lalu, saya kembali menonton download-an film ini. Asa sih yang minta, katanya pengen liat dedek .. hihi ..

Saya pun teringat kembali tentang kesan mendalam yang dulu pernah tertinggal.

Film ini membuka mata saya tentang hebatnya kemampuan belajar seorang bayi.

Ponijao, Mari, Bayar dan Hattie dibesarkan di negara yang berbeda. Saat Ponija0 belajar bahwa batu itu tidak enak dimakan, Hattie mengikuti baby gym di ‘sekolah’nya. Saat Mari belajar duduk di bumbo, Bayar sibuk mengamati anatomi tubuh ayam yang naik ke ranjang.

Semuanya belajar. Hanya saja, beda stimulasi, beda yang dipelajari. Masalahkah ? menurut saya tidak. Mereka bereksplorasi dengan cara masing-masing. Berkembang sesuai lingkungannyaย  (dan biarlah kurikulum jadi masalah orang dewasa :P).

Lalu, saya melihat kembali ke anak ini …

Sejauh ini, Asa masih belum bisa telaten belajar dengan buku-buku, puzzle, dan lain-lain itu. Mainannya aja masih pada bagus-bagus n awet, karena jarang dimainin. Video pun gak banyak yg bisa ditontonnya.

Kalau diperhatikan, lebih menyenangkan untuk Asa belajar dari lingkungan sekitarnya.

Bukan tipe anak rumahan ๐Ÿ™‚

Dari hal-hal sesepele itu, ia belajar nama semua teman dari ujung ke ujung gang. Belajar bersosialisasi dengan menginthil anak-anak itu kemana pun. Belajar legowo ketika ditolak ikut main dengan mereka, “Minggir Asa .. nanti kena bola .. ” ๐Ÿ˜‰ . Membedakan pohon mangga dengan pohon kelapa. Dan masih banyak lagi ..

Belajar tak selalu tentang buku, angka, huruf serta pogram-program sekolah itu ….

Nikmati masa-masamu saat ini nak, sebelum mamah pemerintah memaksamu masuk jam 6.30 dan pulang sore karena mesti les ๐Ÿ˜‰

Asa Pinterr …

Standard

Permisi … saya mau nyombong. Jadi yang rada2 anti sama postingan beraura membanggakan anak silakan melipir …

Udah diperingatkan lho ya ..

Dulu pas awal2 si Mbak Ira (pengasuh barunya) dateng, dia iseng nanya pas ada bajaj lewat, “Asa .. itu apa ?”

kata Asa, “Basje ..”

dan dia pun heran, “Kok adek tau sih ?”

Lalu, tetangga beli ayam hutan, heboh lah Asa. Tiap hari pasti minta liat. Dan merekapun heran karena Asa tau itu namanya, “Ayamm … ” bunyinya “kukukuk” (maksudnya kukuruyuk tp masih cadel) dan manggil si mbak tetangga dengan ‘ibuk’ sama ‘om’.

Lalu, pas mbahnya kesini .. mereka melongo karena Asa bs nyebutin semua nama hewan di buku seri ‘hewan peliharaan’ dengan benar.

Pun semua nama kendaraan … dan anggota tubuh, dan beberapa makanan enak …

Pun kalo liat foto, Asa udah kenal itu siapa aja. Kadang saya suka ngetes soalnya, memastikan kalo ni anak gak lupa sama mbah dan bulik2nya.

Tadi pagi, saat jalan2 .. saya iseng ngetes lagi. Mana waduk, mana langit, mana tanah, pohon, rumput .. dsb.

Plus sekarang udah bs bilang kalo mw pipis. Walo kadang masih kecolongan juga. Dan udah mau makan sendiri .. ๐Ÿ˜€

Jadi .. nggak heran kn, kalo saya bangga …

Bapak Rumah Tangga #2

Standard
These messages were sent while you were offline.
10:07 AMย eldeweis.85@gmail.com: :waa
me: knp yah ?
eldeweis.85@gmail.com: ternyata laper lg,,,
ayah ksh maem mau..

tp agak ngamuk2.. sendok dilempar2..
abis itu ayah gendong trus ayah diem…
tau2 dia nyium2 ayah…
trus kia saling bertatap …
dan tertawa bareng2…
:ha
abis itu ayah suapin lg…
lumayan dpt beberapa sendok..
tp blm mau bobok nih…
ayah maemnya blm slese…

:waa

10:16 AM
itu tddah ayah post, tp mamah offlen, skrg sih dah bobo asanya…
setelah ayah bong2..
๐Ÿ˜€
me: wakakakak
ya udah klo gt
10:17 AMย aku ke mandiri dulu ya say

Bapak Rumah Tangga

Standard
eldeweis.85: lapor!!

eldeweis.85@gmail.com is offline. You can still send this person messages and they will receive them the next time they are online.

eldeweis.85: asa dah bobo

Dian:yaaaa
bagusss

eldeweis.85: *hormat*

Dian::atb

eldeweis.85: maemnya tinggal dikit td

Dian: makan gmana tadi ?
wuah
bagus2
udah digoreng ikannya?

eldeweis.85:

tp pas ayah mo suapin, tau2 dia ambil botol saos..
bilang.. “kescap…”
tus ayah kasih kecap deh bubur kentangnya..

Dian: :O
(membayangkan bubur kentang+telur rebus+kacang hijau+susu+keju+ kecap .. errr)

eldeweis.85:

blm ngapa2 in.. baru bobo asanya

Dian: hehe
yawis lanjutkan yah
baik2 ya kalian dirumah
jangan nakal

eldeweis.85:

siap!!
ya wis.. ayah mo sarapan n mandi n bersih2 n masak dulu ya…

Dian: hiihi
iya2

Sent at 9:01 AM on Wednesday